Selasa, 13 Januari 2009

Human Resources Secara Global

Human Resources Management atau sering disebut juga Manajemen Sumberdaya Manusia (MSDM) saat sekarang sudah bukan merupakan supporting department, akan tetapi sudah semakin strategis, dimana peranan departemen SDM sudah harus diikutsertakan dalam penentuan visi, misi & strategi organisasi perusahaan.

Dalam kegiatannya departemen SDM harus mampu menarik (hired), menciptakan SDM yang sejalan dengan visi, misi & strategi perusahaan tersebut. Jika halnya dalam pencanangan visi perusahaan, perusahaan ingin menjadi pemain utama dibidang yang digelutinya secara langsung departemen HRD harus mampu meng-hired, orang-orang yang unggul juga didalam bidangnya, atau kalaupun HRD berencana men-develop karyawan yang ada maka harus diciptakan metode-metode khusus agar karyawan yang telah ada juga sesuai kemampuan dan posisinya dengan kompetensi yang dimiliki karyawan tersebut.

Sangatlah tidak mungkin jika perusahaan memiliki visi yang baru atau lebih tinggi dan menantang dari visi sebelumnya, tetapi kondisi karyawan masih sama dengan kondisi sebelum visi baru dicanangkan, inilah salah satu contoh dimana MSDM harus berperan di tingkat strategic management.

Tidak ada komentar: